Cara mengetahui artikel asli atau copy-paste

Kali ini saya akan membahas penulisan blog, tentang copy paste blog. Sebenarnya dulu saya juga pernah menuliskan artikel tentang copy paste, juga tips supaya blog tidak dicopy paste blog lain. namun itu mengajak blogger Indonesia supaya lebih kreatif dan tidak asal copy paste. Di kesempatan kali ini saya akan memberi tips bagaimana cara mengetahui suatu artikel asli tulisan suatu blog, ataukah hanya copy paste dari halaman blog lain.

Bagaimana cara mengetahuinya? Mengetahui asli tidak aslinya artikel sebenarnya diperlukan sense dari masing-masing pembaca untuk menentukannya. Maksudnya, setelah nanti mengetahui duplikat konten yang ada di website lain, kita sendiri yang harus menentukan mana post yang benar-benar asli dan ditulis lebih dahulu.
Alat untuk Mengetahui Blog Copy Paste / Tidak

Apa yang diperlukan? Google search!! Yup! Hanya itu yang diperlukan, kalau ingin lengkap silakan mencoba pula Yahoo dan Bing search engine. Bagaimana cara menentukannya? Baiklah akan saya jelaskan.
Copy satu paragraf artikel yang ingin diketahui itu asli atau copas.
Paste di kotak pencarian Google.
Tekan enter atau tekan tombol “Search”
Lihat hasilnya, apabila satu paragraf ada yang sama di halaman website lain, berarti ada indikasi kalau artikel tersebut pernah di copy paste.

Lebih sulit memang siapa yang sebenarnya menulis artikel aslinya. Namun biasanya saya melihat suatu website/blognya dulu, apabila blog tersebut sudah blog terkenal dan punya nama, biasanya blog itulah yang menulis pertama kali. Blog yang sudah established akan malu jika ketahuan nyontek blog lainnya. :p

Cara mudahnya yaitu melihat tanggal posting, siapa yang lebih lama, berarti yang lebih dahulu menuliskan artikel. Namun tanggal posting bisa diakali, jadi kita bisa merubah tanggal posting sesuai keinginan. Ini tidak saya prioritaskan, jadi agar lebih pastinya silakan pahami cara pertama diatas.

Berikut screenshotnya *klik untuk memperbesar gambar:

Saya menguji satu artikel di blog ini yaitu artikel Cara Merubah Blog Menjadi Com.





block, copy paragraf pertama artikel yang ingin diketahui asli atau copy paste





Paste/masukkan ke kotak pencarian google





ini artikel asli, alamatnya diwordpress.com




Ternyata artikel ini telah dicopas beberapa blog dan notes di facebook

Tanda huruf-huruf tebal yang ada di pencarian Google menunjukkan itulah yang kita cari. Kalau hurufnya tebal semua, berarti itu benar-benar cocok dengan yang kita cari, alias itulah halaman di website lain yang nyontek / copy paste blog kita.

Sumber : diwordpress.com

1 comment:

what are you comments?

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Open Cbox

Updates Via E-Mail