8 tips aman untuk menghindari mata lelah di depan komputer



Revisi (Telah ditambahkan tips ke-7 dan ke-8 semoga bermanfaat)

Online online, online online. Bikin betah, tapi mata lelah Lho kok?

Jika Anda termasuk orang yang suka berteman dengan komputer, apalagi setiap hari bersama komputer non-stop. Online tanpa ujung. Maka bersiaplah punggung lelah, pinggang lelah, kaki kesemutan, pundak capek, tenggorokan kering kehausan hehehe ya gak segitunyalah kecuali main komputernya sambil angkat besi hehehe peace!

Online berlama-lama dapat menyebabkan mata Anda kelelahan, nah inilah tips menghindari mata Anda kelelahan di depan komputer :

1. Jaga jarak mata dari monitor

Jangan terlalu dekat dengan monitor komputer, karena sedikit membahayakan mata Anda. Jarak yang disarankan adalah kurang lebih 0,5 sampai 1 meter.

2. Pakai Filter Anti Radiasi untuk CRT

Filter radiasi dapat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh radiasi monitor tabung (CRT). Sebaiknya Anda gunakan monitor filter ini, harganya terjangkau, tersedia untuk CRT 15 inch maupun yang 17 inch.

3. Atur Brightness-Contrass

Aturlah pencahayaan monitor Anda agar lebih sejuk di mata. Jangan mengatur monitor Anda terlalu terang karena efek silaunya dapat mempercepat kelelahan mata Anda.

4. Gunakan kacamata anti radiasi

Cahaya yang berlebihan memang dapat memberi efek nyeri pada mata, oleh karena itu kacamata anti radiasi dapat Anda gunakan untuk menguranginya. Kacamata ini tidak hanya bisa digunakan saat di depan monitor komputer saja, tetapi juga saat melihat TV, lampu mobil dan sumber cahaya lainnya.

5. Ganti Monitor CRT dengan LCD

Untuk monitor LCD memang sudah cukup aman, meski bukan berarti tanpa radiasi sedikitpun. Anda tetap disarankan untuk menjaga jarak pandang terhadap monitor.

6. Istirahatkan mata Anda

Inilah cara termudah dan termurah, istirahatkan mata Anda setiap 1 jam selama 5 menit saja. Anda bisa melakukan Aktifitas lain seperti minum, memejamkan mata sejenak atau sekedar menjauh dari monitor.

7. Berkedip

Mungkin Anda akan menertawakan hal ini, masak menggunakan komputer sampai tidak berkedip? Perlu di ingat kembali bahwa dengan berkedip mata akan terlumasi oleh cairan mata. Hal ini akan lebih meringankan dan melemaskan otot-otot di sekitar mata.

8. Lihatlah keluar jendela

Agar mata Anda tidak terlalu tegang menatap lama-lama komputer atau laptop, ada baiknya sesekali Anda melihat keluar jendela. Hal ini akan membantu mata Anda menyesuaikan kembali jarak pandang Anda. Sebab, terlalu berlama-lama melihat dalam jarak dekat dapat menyebabkan kemampuan penglihatan jarak jauh Anda berkurang. So, sekali-kali lihatkan keluar jendela, nikmati pohon-pohon yang tumbuh nan jauh disana

Demikianlah Tips Trik Komputer tentang Tips Aman Menghindari Mata Lelah di depan Komputer semoga membantu Anda. Terimakasih atas kunjungan Anda, semoga menjadikan belajar komputer online kita bermanfaat

Sumber : tips-komputer.com

1 comment:

  1. kunjungan rutin ke blog saudara, saya suka baca-baca artikel disini, menarik sekali, saya tunggu posting selanjutnya
    oh iya, kalo berkenan baca juga artikel saya Pesona Wisata Dan Kerajinan Magetan

    ReplyDelete

what are you comments?

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Open Cbox

Updates Via E-Mail