Tips agar postingan tidak bisa di copy/ paste ( copas )

Bukan tidak mungkin pada suatu saat anda mendapatkan salah satu postingan anda dipost pada suatu blog tanpa mengurangi atau menambah satu buah kata pun.Kira- kira bagaimana peraasaan anda? anda yang membuat postingan, namun orang lain hanya mengcopy/ paste ( copas )postingan anda.Namun demikian anda pun tidak bisa berbuat apa-apa karena tidak ada aturan yang yang melarang orang melakukan hal tersebut.Tinggal bagaimana kita melakukan proteksi agar postingan kita tidak mudah untuk dicopas.

Mau tau caranya ?? sabar gan?
Oke deh langsung aja biar cepet ##

Pada tutorial blog kali ini, saya ingin menyampaikan cara agar orang lain tidak mudah mencopas postingan kita, yaitu dengan cara mendisable fungsi klik kanan pada mouse sehingga tidak akan bisa copy/ paste.

Namun demikian cara ini mungkin tidak dianjurkan, kenapa? karena hal ini bisa saja menurunkan kunjungan pada blog anda karena informasikan yang diposting pada blog anda tidak bisa disebarkan atau diinfokan kepada kerabat, teman, dan saudara.Namun demikian saya ingin memberitahu caranya,hanya untuk pengguna blogger baru, sebagai berikut.

Silahkan anda login ke akun blogspot anda?
sudah belum??
kalau sudah.

Pilih Design > Add Page Elements > Add a Gadget > kemudian pilih HTML/ Javascript, lalu masukkan kode yang ada dibawah ini :






Anda dapat mengubah atau mengganti kalimat "function disabled" pada code tersebut dengan kalimat sesuai keinginan anda. Misalnya,"Maaf tutorial blog ini tidak boleh dicopas", dan lain sebagainya.

Setelah itu klik tombol "Save".
Selesai deh..#

Bila ada yang ingin mengcopy postingan anda dan orang tersebut menggunakan fungsi klik kanan mouse maka akan muncul message/ pesan sesuai dengan kalimat yang anda buat tadi.

Selamat mencoba,
Semoga bermanfaat ##

3 comments:

  1. hmm :-? kalau misalnya menggunakan fungsi ctrl + c ? kan tetep bisa co-pas walau fungsi klik kanan disable. Hmm.. nice tutorial ^^ tapi blum aku coba nih~

    ReplyDelete
  2. kan ini buat yg ga pakai/ ga punya keyboard. hehe..! ;;)
    terima kasih ya atas kunjungannya + komen ?

    ReplyDelete

what are you comments?

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Open Cbox

Updates Via E-Mail