Google panda itu apa sih?
Google panda merupakan update dari algoritma google yang bertujuan untuk memerangi website- website dengan konten/ isi yang tidak berkualitas, terutama sekali website- website duplicate contents ( copy paste ).
Pada awal tahun 2010 lalu, google melakukan update algoritma search engine dengan nama "Google Caffeine" . Kini di akhir bulan februari 2011, google kembali melakukan update algoritma yang dinamakan "Google Panda". Google Caffeine yang sebelumnya dianggap google bakal memberikan hasil pencarian yang lebih baik ternyata belum menjamin situs-situs berkualitas tampil pada posisi utama SERP, sehingga di tahun 2011 ini Google melakukan update algoritma search engine.Dalam algoritma Google Panda ini google lebih menekankan pada antisipasi content farm. Buat teman yang masih pemula mungkin masih bingung apa yang dimaksud content farm. Bredasarkan informasi yang saya cuplik dari wikipedia tentang peternakan konten bisa dilihat disini content farm
Content farm . In the context of the World Wide Web, the term content farm is used to describe a company that employs large numbers of often freelance writers to generate large amounts of textual content which is specifically designed to satisfy algorithms for maximal retrieval by automated search engines. Their main goal is to generate advertising revenue through attracting reader page views
1. Hindari Duplicate Content. Duplicate content merupakan target utama dari Google Panda ini. Jadi, jika Anda tidak ingin website Anda menjadi korbannya, sebaiknya segera hapus halaman-halaman website atau blog Anda yang berisi duplicate content. Jika tidak ingin dihapus, Anda bisa mem-blok halaman tersebut dengan robots.txt supaya tidak diindex oleh spider Google.Satu hal yang penting untuk diketahui di sini adalah, sebuah halaman website yang tidak berkualitas akan mempengaruhi kualitas website Anda di mata Google secara keseluruhan. Jadi, meskipun hanya ada satu halaman web yang tidak berkualitas, sebaiknya Anda menghapusnya atau membloknya.
2. Social Media Link is Becoming More ImportantMenurut Matt Cutts, pentolan engineer di Google, di tahun 2011 ini salah satu strategi link building yang perlu Anda fokuskan adalah link yang berasal dari social media seperti Facebook dan Twitter.Tentu saja, clue yang dia berikan ini berkaitan dengan Google Panda update, karena Google Panda ini sendiri dimulai di awal tahun 2011. Sudah saatnya kita meninggalkan cara-cara lama seperti tukar menukar link dengan website yang tidak relevan ataupun tidak memiliki kualitas.
3. Buat Konten yang Berkualitas dan OriginalYa, Anda harus mulai menciptakan konten yang original dan bermanfaat bagi visitor website Anda. Google sangat menyukai jika ada konten-konten baru yang dibuat secara teratur, terutama sekali jika konten tersebut bukan hasil jiplakan dan disukai oleh visitor Anda.
4. Fokuskan pada On-Page SEOSalah satu cara Google mendefinisikan apakah website Anda memberikan user experience yang berkualitas atau tidak adalah melalui faktor-faktor on-page SEO.Misalnya saja, berapa lama visitor Anda betah berada di website Anda, apakah bounce rate-nya tinggi, berapa banyak internal link yang di-klik, berapa banyak halaman yang di-klik, dan sebagainya.Jangan melupakan juga bahwa kecepatan loading website juga merupakan salah satu faktor penting. Jika Anda merasa loading website Anda lama,
5. Perkaya halaman web dengan berbagai fiturUntuk meningkatkan user experience dari visitor website Anda, jangan hanya mengisi halaman website Anda dengan text tulisan.Variasikan konten website Anda dengan video, gambar yang ditambahkan ALT pic, dan kalau perlu ditambahkan dengan pdf file download (whitepaper).
Intinya, website atau blog Anda harus bisa memberikan “user experience” yang berkualitas kepada visitor website Anda. Sudah tidak jamannya lagi Anda membanjiri website Anda dengan keyword spamming, external link yang tidak relevan, konten-konten jiplakan, dan faktor-faktor lain yang bisa membuat visitor Anda merasa “ilfil” mengunjungi website Anda.
Intinya, website atau blog Anda harus bisa memberikan “user experience” yang berkualitas kepada visitor website Anda. Sudah tidak jamannya lagi Anda membanjiri website Anda dengan keyword spamming, external link yang tidak relevan, konten-konten jiplakan, dan faktor-faktor lain yang bisa membuat visitor Anda merasa “ilfil” mengunjungi website Anda.
Sekian, semoga bermanfaat ##
No comments:
Post a Comment
what are you comments?