Cara daftar akun google plus

Agan belum tau cara daftar google plus? Ni dah saya kasih tahu? pa tempe? hehe
langsung aja deh gan, berikut caranya :

Pendaftaran google plus, akun baru google+, telah dibuka aksesnya untuk publik. Cara mendaftar Google+ tidak lagi harus melalui undangan email.

Setelah beberapa minggu dalam tahap uji coba secara terbatas, mulai kemarin situs pertemanan “Facebook ala Google” Google Plus telah resmi dirilis untuk pengguna umum. Siapa pun sudah bisa membuat akun google plus sekarang, asalkan memiliki alamat email di Gmail. Kalau anda sebelumnya telah memiliki akun google profiles, maka proses mendaftar dan membuat akun google+ akan menjadi lebih cepat.

Untuk langsung membuat akun baru anda, kunjungi situs GPlus melalui salah satu alamat ini. Berikut adalah alamat website google plus :

plus.google.com

google.com/+

Cara mendaftarnya :

Nanti di sebelah kanan akan terlihat tulisan:

"Join google+"

"Just sign in with your Google account to start using the new parts of Google", MASUK.

Tekanlah tombol "MASUK" untuk login dengan memakai akun email anda di gmail. Jika anda belum mempunyai alamat surat di gmail, silakan daftarkan diri anda terlebih dulu di alamat gmail.com, yang merupakan llayanan produk gratis dari google dengan kapasitas penyimpanan surat hampir 8GB.

Loginlah ke akun google plus anda?

Begitu anda login atau masuk ke dalam akun tadi, maka otomatis akun goole plus anda sudah aktif dan bisa langsung dipakai. Tidak perlu harus mengeklik tautan verifikasi seperti halnya kalau membuka akun baru di Facebook, karena email Gmail itu terintegrasi dengan layanan google plus.

Mungkin untuk tahap awal anda sebaiknya memasang foto pribadi lebih dulu pada kotak gambar profil. Pilihlah foto anda yang bagus, dan hindari memasang “gambar aneh” seperti foto binatang, foto artis, atau kartun. Karena foto profil itu bisa menjadi citra diri anda yang pertama kali terkesankan kepada sesama pengguna google plus.

Nah, jika anda ingin menuliskan pesan atau status di akun google plus dapat melalui tombol "POSTS", seperti halnya "WALL" di akun Facebook.

Bagaimana cara menambah teman??

Untuk menambah teman dalam akun google plus bisa melalui dua cara :

Pertama, dengan mengetikkan nama orang dalam kotak "FIND PEOPLE" yang terletak di bagian paling atas, yaitu untuk menemukan orang yang telah mendaftarkan akun google plus-nya.

Kedua, dengan mengeklik logo bulat bertuliskan "CIRCLES" di sebelah kiri kotak tadi yang fungsinya  untuk mengundang teman-teman yang alamat emailnya tersimpan dalam akun gmail anda.

Find and invite (543). Misalnya tertulis demikian, berarti ada 543 alamat email dalam akun Gmail anda, dan mereka semua bisa diundang sekaligus untuk menjadi teman baru anda di Google+.

Atau dari semua alamat email yang muncul itu, anda bisa memilih siapa-siapa saja untuk diundang atau dijadikan teman, yaitu dengan cara menarik (drag and drop) email seseorang ke dalam lingkaran-lingkaran berwarna biru di bawahnya.

Lingkaran-lingkaran itu (circles) adalah tempat di mana anda akan mengelompokkan teman-teman anda. Misalnya dengan membuat lingkaran "TEMAN", "KELUARGA", "MITRA KERJA" dll.

Adapun kelebihan google plus dari facebook adalah

Seperti saya tulis beberapa hari yang lalu dengan mengutip artikel dari media dan blog luar negeri, ada banyak kelebihan google plus yang diprediksi akan menjadi ancaman serius bagi facebook. Yang paling utama adalah soal privasi.

Satu lagi yang menurut saya menjadi kelebihan google+ dari facebook adalah kemudahan untuk menghapus akun secara total dan mengambil atau memindahkan semua data online ke dalam komputer menjadi data offline. Saya sudah melihat fasilitas yang bagus ini, yaitu pada fitur "DATA LIBERATION". Semua jenis data yang pernah diunggah atau dituliskan ke dalam akun google plus bisa diunduh ke komputer, seperti:

Data profil dan semua foto.

Data teks/ tulisan pada "POSTS".

Data semua teman dan kontak (CIRCLES).

Dari penjelasan google+ yang saya baca, data-data itu bisa dengan mudah kita unggah atau masukkan kembali ke situs google plus jika suatu waktu kita mengaktifkan akun baru lagi.

Secara umum pendaftaran Google Plus cukup mudah. Mengatur setelan fitur-fiturnya tidak akan sulit jika anda sudah terbiasa menggunakan akun Facebook.

Sekian,
Semoga bermanfaat ##

1 comment:

what are you comments?

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Open Cbox

Updates Via E-Mail