Cara memakai circle/ lingkaran teman Google Plus/ Google+

Tips Google+ cara memakai Google Plus: bagaimana menggunakan Circle atau Lingkaran Teman Google+. Termasuk satu tips yang masih jarang diketahui yaitu memakai Circle sebagai tempat untuk menyimpan draft tulisan.

Lingkaran Teman Google+ berbeda dari Friend pada Facebook. Circle Google Plus jauh lebih efisien. Berikut ini adalah tips Google+ tentang bagaimana cara memakai circle/ lingkaran teman agar aktivitas anda di Google Plus bisa menjadi lebih efektif dan efisien.

Apa sih circle/ lingkaran teman itu dalam google plus??

Ada kemiripan namun tidak sama dengan grup pertemanan di dalam akun Facebook anda. Kalau di Facebook semua teman anda hanya dapat dikelompokkan secara terbatas ke dalam empat atau lima grup (seperti Best Friends, Family, dll), maka di Google Plus anda dapat menciptakan grup teman sebanyak mungkin. Kemudian nama lingkaran teman itu bebas anda ubah sendiri.

Semua lingkaran teman yang anda ciptakan tidak akan terlihat pada orang lain, hanya anda yang bisa melihatnya. Jadi anda tidak perlu khawatir ketika memasukkan akun Google+ seorang teman ke dalam Circle “Keluarga” atau “Orang Jahat” atau “Perlu Dicurigai” atau “Selingkuhan” atau “PNS.”

Berikut adalah tips google plus dalam membuat lingkaran teman

Sebaiknya anda membuat minimal empat atau lima circle ( lingkaran teman ) di akun Google Plus anda. Contohnya adalah sebagai berikut :

Keluarga : Yang anda masukkan ke sini hanya teman google plus yang benar-benar keluarga anda. Jangan seperti banyak “kaum alay” di Facebook yang memasukkan puluhan orang tidak dikenal sebagai keluarga. Karena nanti bisa berdampak fatal ketika anda hendak menerbitkan tulisan seperti masalah internal keluarga anda, dan tiba-tiba terbaca oleh orang lain. Waduh bisa berabe nih. Masalah internal bisa jadi konsumsi publik. hehe... Ga semua orang sih, hanya orang- orang yg masuk dalam lingkaran pertemanan tersebut. Tapi bisa saja menyebar. Hati- hati deh.

Sahabat : Dalam kelompok pertemanan ini hanya untuk orang-orang yang paling dekat dan paling anda percayai.

Teman : circle/ kelompok ini untuk mereka yang telah anda kenal cukup lama.

Baru kenal : Wew, ada teman baru nih? Kenalin donk? hehe. Kalau kelompok ini untuk orang-orang yang belum anda percayai dan baru saja anda kenal di google plus.

Awas! : Hati- hati gan? Kelompok teman ini bisa anda isikan dengan akun-akun Google+ yang anda curigai atau sangat tidak bisa dipercaya.

TIPS: Anda dapat menambahkan sebuah akun teman ke dalam lebih dari satu group circle/ kelompok pertemanan. Misalnya +Cecep anda masukkan pada Lingkaran “Teman” dan Lingkaran “Orang Sunda”.

Anda pun dapat memindahkan akun-akun google+ dari sebuah lingkaran teman ke dalam lingkaran yang lain. Contohnya jika suatu saat anda merasa perlu untuk menjaga jarak dengan seorang sahabat, maka anda dapat memindahkan akunnya dari circle “Sahabat” ke lingkaran “Teman” atau “Awas!”

Lingkaran teman juga bisa anda buat berdasarkan profesi, marga, agama, hobi, dll.

Misalnya ketika mendapat teman baru orang jawa, anda dapat memasukkan akun dia ke dalam “Baru Kenal” dan “Jawa” dan “Orang Solo.”

Jangan khawatir dituduh SARA, karena hanya anda sendiri yang dapat melihat ke dalam lingkaran teman yang mana sebuah akun google+ anda masukkan.

Tips google+ cara memakai lingkaran teman

Inilah hebatnya pencipta google plus. Semua group atau kelompok teman yang anda bikin tadi akan membantu anda ketika hendak menerbitkan sebuah konten, baik itu tulisan, foto, video, dll.

Sebelum mengeklik tombol Share untuk menerbitkan tulisan atau konten anda, di sana terdapat opsi/ pilihan kepada siapa saja materi itu anda tujukan. Apakah kepada Public (masyarakat luas, jadi semua orang bisa melihatnya) ataukah kepada beberapa teman tertentu atau kepada lingkaran teman tertentu.

Contoh: anda dapat menulis konten kepada +Budi dan +satu teman lain saja. Caranya adalah  klik “Add more people” kemudian masukkan kedua akun teman tersebut dengan dimulai simbol plus (+).

Atau apabila anda ingin mengirim konten kepada semua teman dalam Lingkaran “Sahabat,” maka klik “Add more people” dan klik Circle “Sahabat.” Jangan lupa menghapus Public dan Lingkaran Teman lain jika muncul otomatis.

Cara memakai google plus, tips Google+ Circle (Lingkaran Teman) sebagai tempat menyimpan draft tulisan

Tips cara menggunakan Google+ yang satu ini belum diketahui banyak orang. Anda dapat memakai lingkaran teman atau circle sebagai folder untuk menyimpan draft tulisan untuk diterbitkan di kemudian hari.

Buat Circle yang baru, namai dengan Draft Tulisan atau apa saja yang anda inginkan.

Biarkan Lingkaran draft tulisan ini kosong, jangan masukkan satu akun teman pun.

Ketika anda telah selesai menulis pada kotak Share, klik “Add more people” lalu pilih Lingkaran “Draf Tulisan” saja — circle lainnya dan Public agar dihapus.

Kemudian tekan tombol Share. Maka tulisan tadi telah tersimpan di Lingkaran “Draft Tulisan.”

Beberapa hari kemudian, ketika anda ingin mengirimkannya kepada teman-teman, klik “Draft Tulisan” di sebelah kiri akun anda, persis di bawah Stream. Pilih tulisan yang muncul di halaman utama (tengah), yakni tulisan yang hendak anda terbitkan, klik teks “Share.”

Satu kotak kecil akan muncul bertuliskan “Share this post.” Pada kotak itu klik “Add circles or people to share with…” kemudian tambahkanlah alamat akun teman atau lingkaran teman anda, dan terakhir klik tombol Share untuk mengirimkannya.

Sekian,
Semoga bermanfaat ##

No comments:

Post a Comment

what are you comments?

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Open Cbox

Updates Via E-Mail