Cara mengatur permission (access list) pada sebuah key registry

Sistem keamanan registry sebenarnya hampir sama dengan apa yang ada pada sistem keamanan dalam file sistem misalnya Windows. Anda dapat mengatur siapa saja yang berhak menggunakan Windows, apa saja yang bisa dilakukan user, dan banyak lagi.

Namun bedanya pada sistem keamanan registry, yang Anda amankan adalah key-key registry, bukan file system dan dokumen. Anda hanya dapat memberikan permission pada key registry, bukan untuk value di dalamnya.

Jika memang sudah melakukan login dengan hak administrasi penuh terhadap registry-registry Anda, Anda dapat langsung mengedit permission-nya untuk masing-masing pengguna ataupun group. Berikut ini langkah pengaturannya:

1. Kliklah menu Start|Run…, maka akan muncul kotak Run.

2. Pada kotak Run, ketikkanlah perintah “regedit” kemudian tekan tombol enter, maka akan muncul jendela   pengaturan Registry Editor.

3. Pada jendela Registry Editor, kliklah key yang ingin diatur permission-nya. Setelah terpilih kliklah menu Edit|Permissions… Maka akan muncul jendela pengaturan Permission for Interface.

4. Di dalam jendela pengaturan tersebut terdapat menu pengaturan Group or user name. Anda dapat menentukan user atau group mana yang akan diatur permission-nya. Pilihlah salah satunya.

5. Setelah terpilih, Anda dapat mengedit permission dan kemampuannya pada menu pengaturan Permission for Administration. Pengaturannya cukup mudah, yaitu tinggal mencentang opsi Allow (mengizinkan) dan Deny (melarang) yang ada pada setiap pilihan kemampuan. Opsi tersebut:
 
a. Full control: Memberikan kemampuan bagi user atau group permisi untuk membuka, mengedit, dan mengambil alih dari sebuah key registry. Dengan kata lain, user atau group tersebut bisa melakukan apa saja terhadap key registry tersebut. 

b. Read: Memberikan user atau group permisi untuk membaca isi dari sebuah key registry, tetapi tidak memiliki kemampuan untuk mengganti dan menyimpan perubahan yang dilakukan. Dengan kata lain, registry ini berstatus Read only. 

c. Special permissions: Memberikan user atau group sebuah kombinasi permisi yang banyak, bukan hanya sekadar dua opsi di atas saja. Untuk dapat mengatur spesial permission ini, kliklah tombol Advanced maka Anda akan disuguhkan berbagai pengaturan lain yang unik. Pengaturan special permission ini dan apa saja permission yang ada akan dibahas lebih lanjut di bawah ini.

6. Setelah melakukan semua pengaturan, kliklah tombol Apply dan klik tombol OK. Maka, registry key Anda sudah memiliki aturan sendiri ketika dijalankan. Namun sebaiknya, berhatihatilah karena jika salah memberikan permisi, bisa saja program yang Anda edit registry-nya menjadi tidak dapat berjalan sempurnya

Sekian, semoga bermanfaat ##.

No comments:

Post a Comment

what are you comments?

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Open Cbox

Updates Via E-Mail