Tips and trik mengubah 'no follow' menjadi 'do follow' pada blog


Sebelum mengulas jauh mengenai fungsi kedua istilah di atas , ada baiknya kita mengenal pengertian nya terlebih dahulu. Istilah diatas mungkin tidak asing bagi rekan-rekan blogger. sebelumnya saya coba sedikit menjelaskan apa itu nofollow dan dofollow :

noFollow : dimaksudkan untuk memblokir akses ke konten atau untuk mencegah konten yang akan di indeks oleh search engine. Hal ini merupakan metode untuk memblokir mesin pencari spider untuk mengakses konten di situs web maupun mencegah mereka menyertakan konten halaman dalam indeks mereka (Robots Exclusion Standard)/ robots.txt untuk memblokir akses dan halaman yang di rancang oleh admin blog atau kita supaya mesin pencari spider bisa atau tidak bisa dalam penjelajahan.

dofollow : memiliki arti yang sebaliknya, dalam artian anda akan mendapatkan backlink dari komentar yang anda berikan pada sebuah blog, bisa diartikan secara garis besar bahwa spider robot akan bekerja tanpa ada batasan tag tersebut.

Secara default setting komentar sebuah blog adalah nofollow, tapi anda dapat merubahnya menjadi dofollow. Sebelum melakukan perubahan, kita harus tahu apa resiko dari dofollow blog tersebut. Biasanya anda akan menerima banyak komentar para spammer yang asal komentar dan tidak relevan dengan isi arikel. Dan mewajibkan anda untuk menyeleksi setiap komenter apa saja yang dianggap relevan dengan artikel tersebut.

Selanjutnya mengenai trick mengubah noFollow menjadi doFollow. Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1. Masuk halaman dashboard >> pilih setting >> backlink pilih show dan nanti hasilnya dibawah sebelah kiri terdapat tulisan "Links to this Post"

2. Ands harus sabar menunggu sampai Google indeks pos yang memiliki link ke posting blog Anda.

3. Memodifikasi pada Theme dengan cara Masuk ke dashboard >> layout blog Anda >> klik Edit Html >> cek di Expand Template Widget Checkbox di bagian atas kotak Edit Template teks kemudian cari kode di bawah ini

PLAIN TEXT

PHP:

"text-align: justify;"><dl id='comments-block'>

<b:loop values='data:post.comments'var='comment'>

<dt class='comment-author'expr:id='"comment-" + data:comment.id'>

<a expr:name='"comment-" +data:comment.id'/>

<b:if cond='data:comment.authorUrl'>

<a expr:href='data:comment.authorUrl' rel='nofollow'><data:comment.author/></a>

<b:else/>

<data:comment.author/>

</b:if>

<data:commentPostedByMsg/>

</dt>

Hapus code : rel = 'nofollow' lalu Save. Jika sudah sekarang kita akan menerapkan Googlebot agar mengikuti link back pada suatu post/blog anda. Hal ini berfungsi jika ada seseorang memposting suatu artikel dan terdapat URL kita maka dengan kode ini seseorang tadi akan mendapatkan link back dari blog kita.

Masuk ke halaman dashboard >> layout blog Anda >> klik Edit Html >> cek di Expand Template Widget Checkbox di bagian atas kotak Edit Template teks kemudian cari kode di bawah ini ;

PLAIN TEXT

PHP:

"text-align: justify;"><b:includable id='backlinks' var='post'>

<a name='links'/> <h4> <data:post.backlinksLabel/> </ h4>

<b:if cond='data:post.numBacklinks != 0'>

<dl class='comments-block' id='comments-block'>

<b:loop values='data:post.backlinks' var='backlink'>

<div class='collapsed-backlink backlink-control'>

<dt class='comment-title'>

<span class='backlink-toggle-zippy'> </ span>

<a expr:href='data:backlink.url' rel='nofollow'> <data:backlink.title/> </ a>

<b:include data='backlink' name='backlinkDeleteIcon'/>

</ dt>

Hapus code: rel = 'nofollow' dan menyimpan template. Anda bisa menjelaskan hal ini dengan memasang baner U comment I follow atau bisa juga Back Link Followed. Semoga dapat membantu

Sumber : rumahweb.com

No comments:

Post a Comment

what are you comments?

English
French
German
Spain
Italian
Dutch
Russian
Brazil
Japanese
Korean
Arabic
Chinese Simplified

Open Cbox

Updates Via E-Mail